Yamaha lagi-lagi membuat dunia otomotif Indonesia ramai dengan hadirnya varian NMAX Turbo. Selain heboh karena teknologinya yang canggih, namun heboh lainnya adalah tidak sedikit yang membandingkan teknologi turbo pada mobil dan teknologi turbo pada NMAX.
Sebenarnya, apa sih pengertian turbo pada varian NMAX ini? Mari kita simak bersama.
Turbo pada mobil adalah sistem kompresi guna menambah tekanan udara di ruang bakar. Logikanya, proses pembakaran akan lebih baik dan tenaga yang dihasilkan akan lebih besar.
Sedangkan pada NMAX, konsep turbonya berbeda. Tidak menggunakan mekanikal seperti pada mobil, melainkan menggunakan sistem elektronik untuk mengatur sistem kerja mesin CVT namun tujuannya sama, yaitu untuk menghasilkan tenaga lebih selama beberapa saat.
Di NMAX, karena sistemnya adalah elektronik, pengguna bisa mengatur seberapa kuat tenaga tambahan yang akan dihasilkan. Total ada 3 level akselerasi, yaitu low, medium dan high yang bisa diatur menggunakan Y-Shift. Dengan fitur ini, pengguna dapat melaju dari 0 menuju 100 dengan 7.2 detik saja.
Kemudian pada stang bagian kiri juga terdapat tuas untuk merubah mode berkendara, antara T-Mode (jalan santai) dan S-Mode (mode sport). Dengan S-Mode, pengendara dapat dengan mudah melintasi jalanan menanjak atau menukik tajam atau saat ingin berakselerasi di jalan. Sedangkan pada T-Mode, tarikan akan seperti NMAX standar dan juga dengan konsumsi bahan bakar yang lebih efisien.